Apa Itu Podcast ? Konten Audio Yang Semakin Populer

Apa Itu Podcast ? Manfaat dan Cara Monetisasinya

Apa Itu Podcast ? – Akhir-akhir ini istilah podcast menjadi sering dibicarakan oleh banyak orang dan sering dijumpai di social media.

Podcast dianggap sebagai media untuk pembelajaran yang efektif. Bahkan sudah banyak influencer yang mulai memperhitungkan podcast sebagai media untuk menyampaikan konten.

Beberapa perusahaan dan agensi juga turut menggunakan podcast sebagai media untuk memasarkan produk maupun layanan mereka.

Apa Itu Podcast ?

Podcast berasal dari kata iPod dan Broadcast. Kalau diterjemahkan secara harfiah maka akan memiliki arti “siaran melalui iPod“.

Dulu produk milik Apple yang bernama iPod ini sangat fenomenal sekali. Banyak orang menggunakannya untuk memutar audio.

Istilah podcast ini kemudian dipopulerkan oleh jurnalis BBC dan The Guardian yang bernama Ben Hammersley pada tahun 2004 dalam salah satu artikel yang ditulisnya di koran The Guardian.

Dan selanjutnya istilah podcast ini kemudian digunakan oleh Apple.

Podcast merupakan sebuah siaran yang biasanya memiliki beberapa episode yang bisa kamu download dalam bentuk format audio.

Kalau kamu sering mendengarkan radio atau menonton video dengan pembicara ala-ala penyiar radio, maka podcast bisa dikatakan seperti itulah bentuknya.

Yang menjadi pembeda adalah aksesibilitasnya, di mana podcast dapat didengar kapanpun. Sedangkan radio hanya berlangsung secara real time.

Tidak hanya itu saja, biasanya Podcast juga memiliki satu tema pembahasan yang dibagi dalam tiap-tiap episodenya.

Manfaat Podcast

Berbagai keuntungan bisa kamu dapatkan dari mendengarkan podcast. Diantaranya adalah :

1. Sebagai Alternatif Video dan Bacaan

Podcast dapat dijadikan alternatif dari video dan bacaan.

Karena kepraktisannya dalam bentuk rekaman audio, maka podcast dapat didengarkan secara fleksibel. Baik ketika kamu sedang menyetir maupun saat sedang naik transportasi umum sekalipun.

2. Dapat Menyampaikan Informasi dan Pengetahuan Yang Beragam

Di Amerika Serikat, podcast digunakan secara luas dan beragam.

Topik yang dibahas pun bermacam-macam. Mulai dari topik politik, sains, cerita fiksi, psikologi, interview dan lain sebagainya.

Materi yang dibahas oleh sebuah podcast tidak melulu tentang menyajikan informasi yang general. Namun juga dari perspektif lainnya.

Yaitu adanya argumen menarik yang bisa disampaikan sehingga membuatmu mampu berpikir secara terbuka dan belajar menganalisa informasi yang disampaikan.

3. Melatih Stimulasi Otak

Karena podcast tidak memiliki visual maka otak kamu akan lebih fokus dalam menangkap indera pendengaran. Maka hal ini akan melatih brain gym kamu.

Yang dimaksud dengan brain gym adalah ketidakhadiran elemen visual sehingga melatih otak kamu untuk lebih imajinatif dalam menggambarkan informasi yang dibahas.

Jenis-Jenis Podcast

Jenis-jenis podcast ada bermacam-macam. Beberapa jenis podcast berikut ini adalah yang paling sering digunakan :

1. Podcast Interview

Apa Itu Podcast ? Konten Audio Yang Semakin Populer
image source : https://unsplash.com

Adalah jenis podcast yang dipandu oleh seorang pembawa acara dan mengundang seorang bintang tamu. Pada setiap episodenya akan membahas sebuah topik tertentu.

Kalau kamu pernah menonton channel Youtube milik Deddy Corbuzier maka kamu akan menjumpai jenis interview seperti ini. Namun penyampaiannya dalam bentuk audio.

2. Podcast Solo

Jenis podcast ini dilakukan secara sendirian dan membahas suatu topik tertentu yang diminati atau ingin dibahas.

Banyak influencer yang menyampaikan konten dalam bentuk podcast solo seperti ini.

Para profesional juga banyak banyak yang menggunakan podcast solo ini untuk menyampaikan materinya.

3. Podcast Multi Host

Merupakan jenis podcast yang memiliki lebih dari 2 orang nara sumber sehingga siaran podcast akan berjalan lebih dinamis dan interaktif.

Biasanya podcast Multi Host ini berbentuk diskusi yang membahas suatu topik tertentu dan masing-masing orang memiliki kesempatan untuk terlibat dan mengemukakan opini dan perspektif masing-masing.

Jenis podcast seperti ini memiliki nilai menghibur yang lebih karena adanya perdebatan antar nara sumber.

Dan bagi si pemandu acara, jenis podcast seperti ini lebih menguntungkan karena tantangan untuk membuat siaran menjadi menarik sudah dapat diatasi dengan serunya perdebatan dan pembahasan oleh para nara sumbernya.

Media Podcast

Media yang umumnya digunakan untuk menyiarkan podcast adalah :

1. Website Pribadi

Yaitu website milik pribadi atau perusahaan yang digunakan untuk menampilkan daftar podcast yang bisa didengar.

2. Youtube

Beberapa tahun belakangan ini Youtube semakin marak digunakan juga.

3. Website Pihak Ketiga

Yaitu website penyedia layanan audio hosting semacam Soundcloud, Anchor, Spotify dan lain sebagainya.

Cara Monetisasi Podcast

Apakah podcast bisa mendapatkan uang ? Apabila bisa, lalu bagaimana caranya ?

Karena podcast memiliki banyak pengguna maka tentunya podcast bisa dimonetisasi. Monetisasi yang dimaksud adalah konversi menjadi sumber penghasilan.

Ada banyak cara untuk memonetisasi podcast. Saya akan membaginya dalam 2 jenis yaitu monetisasi di dalam konten dan di luar konten.

Monetisasi di dalam konten dapat dilakukan dengan cara beriklan (ad lips), melakukan endorse, affiliate marketing, atau menjual produk sendiri.

Sedangkan monetisasi dari luar konten dapat berupa membuat podcast berbayar, menjadi nara sumber dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa membuat website dan meletakkan podcastmu ke dalam website tersebut lalu memasang Google Adsense.

Kesimpulan

Point kekuatan yang dimiliki podcast ini terletak pada format audionya sehingga aksesibilitasnya lebih mudah daripada media lainnya.

Ketika kamu memutuskan untuk membuat podcast maka ada baiknya kamu menentukan konten podcast terlebih dahulu. Lalu buatlah jadwal yang rutin untuk memposting tiap episode podcast.

Dan terakhir sering-seringlah mendengarkan podcast yang sudah populer sebagai referensi untuk belajar cara penyampaiannya.

Selamat mencoba ya.

Tinggalkan komentar