Apa Itu User Experience ?

Apa Itu User Experience ? Kupas Tuntas Semuanya di Sini

Pada artikel ini saya akan membahas tentang apa itu User Experience dan bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna.

Apa Itu User Experience ?

Istilah User Experience ini awalnya dipopulerkan oleh seorang praktisi di bidang design & usability yang bernama Don Norman. Ia memperkenalkan istilah ini ketika bekerja di perusahaan Apple pada tahun 1993-1997.

Pada saat itu Don Norman bersama tim nya menemukan konsep yang dinamakan User Experience untuk meningkatkan kualitas produk-produk besutan Apple.

Mereka sadar betul bahwa sebuah produk yang bagus tidak hanya karena desainnya saja yang bagus. Namun ada aspek lain yang berupa pengalaman pengguna dalam menggunakan produk yang juga harus diperhatikan.

Don Norman pernah berkata demikian :

“everything touches upon your experience with the product is the meaning of the user experience”

Dalam Bahasa Indonesia, User Experience (EX) ini memiliki arti yaitu Pengalaman Pengguna.

Jadi User Experience ini merupakan segala pengalaman yang dialami pengguna ketika ia sedang menggunakan sebuah produk.

Dulu User Experience ini masih dianggap tidak begitu penting.

Developer hanya berfokus pada pengembangan aplikasi atau website yang bertujuan untuk meberikan fitur dan informasi yang dibutuhkan saja. Tanpa concern ke pengalaman penggunannya.

Padahal Pengalaman Pengguna ini sangat penting sekali.

Saat ini pasar sangat menuntut aplikasi atau website yang canggih dan memiliki User Experience yang bagus. Tanpa memperhatikan User Experience maka aplikasi atau website tersebut akan ditinggalkan penggunanya.

Manfaat User Experience

Ada banyak alasan mengapa User Experience yang baik itu penting, diantaranya adalah :

1. Menarik Minat Pengguna

Aplikasi dan website yang dibuat tentunya bertujuan supaya berguna bagi penggunanya bukan.

Apalagi kalau aplikasi atau website tersebut menawarkan User Experience yang menyenangkan. Tentu hal itu akan mendatangkan banyak pengguna baru. Dan pengguna yang sudah ada pun menjadi lebih betah.

2. Meningkatkan Engagement

Salah satu keuntungan terbesar dari User Experience yang baik adalah engagement akan meningkat.

imaginovation.net memiliki riset bahwa 79% visitor akan meninggalkan website yang tampilannya tidak bagus. Begitu juga dengan aplikasi.

Kalau visitor kecewa, mereka tidak akan kembali lagi.

Namun kalau visitor senang, mereka akan betah berlama-lama dan kembali lagi.

Visitor itu adalah aset. Peliharalah mereka sebaik mungkin dengan memberikan User Experience yang baik pula.

3. Competitive Advantage

Persaingan dalam ranah aplikasi dan website semakin tinggi. Semua orang berlomba-lomba membuat aplikasi dan website dengan niche yang mirip-mirip.

Kalau sudah begitu, lalu apa yang membedakan ?

Tentunya User Experience yang baik akan memiliki nilai plus bagi para penggunannya.

Kalau kamu peduli akan tampilan yang user friendly sehingga menciptakan User Experience yang baik maka website atau aplikasi kamu akan lebih kompetitif dibandingkan dengan yang lainnya.

Implementasi User Experience

User Experience ini dapat digunakan pada seluruh jenis produk entah berupa software maupun hardware.

Banyak perusahaan startup yang sudah menerapkan disiplin User Experience ini ke dalam proses development produk dan jasanya. Hal ini diharapkan supaya model bisnis dan produk yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Oleh karena itu mindset User Experience ini sangat penting.

Siapapun yang terlibat dalam proses development produk tersebut haruslah memiliki mindset User Experience sehingga mereka tidak semata berorientasi pada output produknya saja namun juga berorientasi pada experience penggunanya juga.

Kesimpulan

User Experience menjadi hal yang tak terpisahkan dari setiap produk yang dibuat. Apabila sebuah produk ingin berhasil maka User Eperience harus diperhatikan dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Tinggalkan komentar