Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Dengan Mudah

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting itu mudah kok, baik melalui smartphone maupun melalui komputer.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial step by step yang bisa kamu pahami dengan mudah.

Apa Itu Aplikasi Zoom Meeting ?

Zoom Meeting merupakan aplikasi yang menyediakan layanan video conference di mana para penggunanya dapat saling bertatap muka, mengirim/menerima audio, dan berbagi layar presentasi secara virtual.

Aplikasi Zoom Meeting ini semakin populer ketika wabah virus covid-19 melanda dunia sehingga mengharuskan orang-orang untuk berinteraksi secara virtual.

Kamu juga bisa membaca artikel berikut ini :

Zoom atau Google Meet, Manakah yang Lebih Baik ?

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Komputer

Ada 2 cara untuk menggunakan Zoom Meeting di Komputer. Yaitu dengan cara menginstall aplikasinya atau dengan cara menggunakan extension pada browser.

Saya sih lebih memilih cara menginstall aplikasi karena lebih praktis dan memiliki UI UX yang lebih baik daripada yang versi extension pada browser. Selain itu aplikasinya juga termasuk ringan.

Berikut cara-cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting di komputer.

1. Download dan Install Aplikasi Zoom Meeting di Komputer

Untuk mendownload aplikasi Zoom Meeting di komputer, kamu perlu mengunjungi link download nya di sini. Setelah aplikasi selesai di download lalu install aplikasi tersebut di perangkat komputermu.

2. Open Aplikasi Zoom Meeting di Komputer

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Setelah kamu membuka aplikasi Zoom Meeting di komputer, maka aplikasi tersebut akan memiliki 3 menu utama yaitu : join a meeting, start a meeting, dan contacts.

a. Untuk memulai meeting sebagai host maka kamu bisa memilih menu Start a Meeting. Pilihan yang tersedia selanjutnya adalah memulainya dengan video camera atau tanpa video camera.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Setelah room meeting selesai dibuat maka kamu akan mendapatkan Zoom Meeting ID yang bisa kamu lihat di pojok kiri atas layar. Bagikan ID tersebut kepada semua peserta supaya mereka dapat masuk ke dalam room meeting.

b. Untuk memulai meeting sebagai peserta maka kamu bisa memilih menu Join a Meeting. Kamu diharuskan untuk mengisi Zoom Meeting ID yang saya jelaskan tadi. Mintalah kepada host supaya kamu bisa masuk ke dalam room meeting.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Smartphone

1. Download dan Install Aplikasi Zoom Meeting di Smartphone

Untuk mendownload aplikasi Zoom Meeting di smartphone, kamu perlu mengunjungi link download nya di sini. Atau bisa juga mencarinya di playstore dan appstore.

2. Open Aplikasi Zoom Meeting di Smartphone

Open Zoom Meeting di Smartphone

Setelah kamu membuka aplikasi Zoom Meeting di komputer, maka aplikasi tersebut akan memiliki 3 menu utama yaitu : join a meeting, sign up, dan sign in.

a. Untuk memulai meeting sebagai peserta maka kamu bisa memilih menu Join a Meeting. Kamu diharuskan untuk mengisi Zoom Meeting ID. Mintalah kepada host supaya kamu bisa masuk ke dalam room meeting.

b. Untuk memulai meeting sebagai host maka kamu harus sign up atau sign in terlebih dahulu. Bila kamu tidak ingin repot maka kamu bisa langsung sign in menggunakan akun Google atau Facebook meskipun kamu belum pernah sign up di Zoom Meeting sebelumnya.

Open Zoom Meeting di Smartphone

Setelah kamu login maka akan ada menu new meeting untuk membuat room meeting. 

Setelah room meeting selesai dibuat maka kamu akan mendapatkan Zoom Meeting ID yang bisa kamu bagikan kepada semua peserta supaya mereka dapat masuk ke dalam room meeting yang sama.

Penutup

Sampai di sini dulu tutorial cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan mudah di aplikasi komputer dan smartphone baik sebagai host maupun peserta. Semoga tutorial ini membantu kalian ya.

Tinggalkan komentar