Cara Meningkatkan Kecepatan Wordpress Supaya Ngacir

Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Supaya Ngacir

Kecepatan loading website merupakan parameter yang perlu diperhatikan di WordPress kamu. Di dalam konten ini saya akan membahas cara meningkatkan kecepatan WordPress kamu supaya ngacir.

Siapa sih yang ngga seneng kalau loading WordPress kamu cepat.

Selain WordPress kamu akan disukai para pengunjung, maka WordPress kamu juga akan dilirik oleh Google.

Sebagai perusahaan penyedia layanan pencarian yang terkenal, Google terus berusaha untuk mempertahankan standar kualitasnya.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan memilah-milah website manakah yang mempunyai kecepatan loading yang baik untuk ditempatkan di halaman pertama pencarian.

Bayangkan saja bila kamu sedang mencari “cara membuat martabak” di Google, lalu muncul beberapa website di halaman pertama pencarian.

Namun sayangnya, semua website tersebut memiliki kecepatan loading yang buruk. Rata-rata di atas 10 detik semua.

Pastinya kredibilitas Google akan kamu pertanyakan bukan ?

Kalau WordPress kamu hanya memiliki loading time 2,9 detik, itu artinya WordPress kamu sudah memenuhi salah satu kriteria ideal sebuah website. Lebih singkat dari itu, tentunya lebih baik lagi.

Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan WordPress kamu. Mari kita bahas satu persatu yah.

1. Tema

Banyak sekali tema yang tampilannya bagus (termasuk susunan kodenya juga rapi) namun ternyata belum mengikuti kaidah idealnya sebuah website masa kini.

Salah satunya karena belum mengimplementasi HTML5 di dalam struktur kodenya. Kode HTML5 ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara lokal di local storage sehingga WordPress kamu dapat berjalan dengan lebih baik.

Secara keseluruhan, HTML5 memiliki Performa & Integrasi lebih baik dari versi sebelumnya (HTML). Oleh karena itu kamu harus teliti dalam memilih tema. Cara amannya, kamu bisa memilih tema dari developer terpercaya seperti :

  1. StudioPress
  2. MyThemeShop
  3. GeneratePress

Saya sudah mencoba berbagai macam tema. Dan tema-tema di atas lah yang setidaknya telah memenuhi kriteria tema yang bagus dan sangat SEO Friendly.

2. Plugin

Sebaiknya kamu jangan menginstall plugin yang aneh-aneh. Selain akan memberatkan kinerja WordPress kamu, plugin yang tidak jelas juga bisa membuat WordPress kamu rusak.

Install plugin seperlunya saja dan hapus yang tidak perlu atau tidak digunakan. Karena bisa saja plugin-plugin tersebut menggunakan script yang justru akan membebani WordPress. Gunakan plugin serapi mungkin.

Kamu bisa menggunakan plugin WP Super Cache untuk melakukan caching file HTML kamu.

Plugin ini akan membuat file HTML statis dari blog WordPress yang dinamis.

Setelah file HTML dibuat oleh plugin ini maka server website kamu akan mengkonsumsi file itu supaya ringan.

Kamu juga bisa menggunakan plugin Site Accelerator yang berguna untuk mengoptimasi gambar di dalam konten untuk ditampilkan secara statis.

Terakhir, plugin Imsanity juga ngga kalah serunya.

Plugin ini secara otomatis akan meresize ukuran gambar supaya sesuai dengan tampilan website.

Misalnya saya mengatur supaya ukuran lebar gambar tidak lebih dari 800px, maka ketika saya mengupload gambar dengan resolusi 1200px , ukurannya akan di resize menjadi 800px saja.

3. Hosting

Spesifikasi hosting akan sangat berpengaruh terhadap kinerja WordPress. Pilihlah spesifikasi hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Salah satu parameter hosting yang perlu diperhatikan adalah lokasi server hosting. Pilihlah lokasi server hosting yang sesuai dengan target pengunjung WordPress kamu.

Misalnya kamu memilih server hosting di Singapore. Maka pengunjung dari region Asia Tenggara termasuk Indonesia akan mendapat konektivitas yang lebih baik dibanding region di belahan bumi lainnya.

Penutup

Mungkin itu saja cara-cara yang dapat saya bagikan untuk meningkatkan kecepatan WordPress kamu.

Kalau kamu memperhatikan hal-hal tersebut dengan baik maka setidaknya website kamu telah mengalami peningkatan kecepatan yang lebih baik dari sebelumnya. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar