Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Mati

Bila nomor Telkomsel Simpati anda tidak dapat digunakan untuk mengecek pulsa, diisi pulsa, mengirim pesan atau panggilan maka bisa saja nomor Simpati tersebut telah hangus.

Satu-satunya cara untuk mengaktifkan kembali nomor Simpati tersebut adalah dengan meminta aktivasi di kantor Grapari Telkomsel.

By the way, ini adalah pengalaman saya ketika mengurus aktivasi nomor Simpati pada tanggal 5 Mei 2021. Jadi bila anda sedang mengalami hal yang sama sekitar tanggal tersebut maka prosedurnya mungkin bisa sama persis.

Nomor Simpati (prabayar) yang telah hangus tersebut nantinya akan dipindah ke nomor Halo (pascabayar) secara permanen. Alias nomornya tidak bisa kembali menjadi prabayar lagi seperti semula.

Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memantau masa aktif nomor. Jangan sampai terlambat seperti saya ini, huhu.

Kalaupun sudah hangus pun, jangan kelamaan aktivasinya. Apalagi lebih dari 1 bulan. Karena kalau sudah lebih dari 1 bulan maka nomornya tidak akan bisa di aktivasi lagi. Sudah dijual ke orang lain.

Sebelum dateng ke kantor Grapari Telkomsel, apa aja sih yang perlu disiapkan? Simple kok, berikut ini syarat-syaratnya:

  1. nomor Simpati yang telah hangus (tidak wajib membawa simcardnya)
  2. nomor Kartu Keluarga (tidak wajib membawa Kartu Keluarga)
  3. KTP (wajib dibawa)
  4. uang cash dan debit (sebagai jaminan berlangganan pascabayar 1 bulan pertama)

Dateng ke kantor Grapari Telkomsel pagi-pagi aja. Kalau bisa sebelum kantornya buka. Soalnya antri cs nya lama. Kemarin saya ngurusnya 1 jam.

Ketika nomor Telkomsel diubah menjadi nomor pascabayar maka kita diminta memilih paket data. Harga paling murahnya adalah Rp 80.000,- dan belum termasuk pajak PPn. Pilihlah paket sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau saya kemarin sih pilih paket yang seharga Rp 100.000,-

Nantinya harga tersebut akan secara otomatis dibebankan pada tiap bulan. Untuk tagihannya dapat dibayar melalui berbagai aplikasi pembayaran kok.

Oh ya, kemarin saya juga meminta cs nya untuk memberi limitasi penggunaan bulanan. Jadi kalau penggunaan paket saya sudah melebihi Rp 100.000,- maka system secara otomatis akan menghentikan paket pada saat itu juga. Dan paket baru akan dilanjut lagi pada bulan berikutnya.

Ini penting sih, supaya tagihan pascabayar tidak membeludag. Jadi di limit gitu lho.

Dan terakhir yang paling penting adalah: Ketika kita tidak ingin menggunakan nomor pascabayar itu lagi maka kita wajib menonaktifkan langganan pascabayarnya terlebih dahulu di kantor Grapari Telkomsel.

Tidak bisa dibuang begitu saja seperti layaknya nomor prabayar. Karena nanti tagihannya akan terus bertambah meskipun tidak dibayar dan tidak digunakan sekalipun.

Baik sekian informasi dari saya, semoga berguna yah!

Tinggalkan komentar