Depot Es Jadul Semanggi di Kota Magelang

  • es semanggi magelang
  • es semanggi magelang
  • es semanggi magelang

Sore itu tujuan saya dan istri tak tentu. Kami hanya ingin singgah di Kota Magelang saja. Entah hanya untuk sekedar menyusuri jalan-jalan Kotanya yang begitu lenggang. Atau mengamati tiap detil perubahan di Kota ini. Yang nampaknya Kota ini semakin lama semakin maju saja.

Hingga akhirnya kami kepikiran untuk mencari satu-satunya warung es jadul yang telah melegenda di Kota kecil ini. Namanya adalah Depot Es Semanggi Magelang. Dulu kami pernah berkunjung ke warung cabangnya. Nah kali ini kami penasaran untuk mengunjungi warung aslinya.

Konon kabarnya, warung es jadul yang asli ini terletak di lantai dasar sebuah pusat perbelanjaan di Kota Magelang. Saya jadi penasaran. Mengapa ada warung es di lantai dasar seperti itu?

Baiklah, kami lalu menuju tempat yang dimaksud. Kendaraan saya arahkan masuk ke dalam lantai basement Matahari Dept Store yang memang ditujukan untuk tempat parkir. Sesampainya di sana barulah kami menemukan bahwa warung es itu benar-benar ada. Letaknya berada di pojokan. Dari kejauhan tampak lampu warung yang memang tidak begitu terang.

Saat itu pengunjung warung esnya hanya seorang kakek tua saja. Sedangkan penjaja esnya ada dua orang. Seorang ibu-ibu dan mas-mas.

Menu yang kami pesan adalah segelas es tape dengan sirup warna hijau. Diminum berdua. Rasanya jadul sekali. Kalau pernah mencicipi es seperti ini di tahun 90 an awal, ya seperti itulah rasanya. Khas.

Baca juga: Kedai Kopi Mukidi di Kaki Gunung Sumbing

Pembeli bebas memilih warna sirupnya. Mau satu macam saja, dua macam, atau dioplos semuanya. Setiap warna sirup memiliki rasa yang berbeda-beda. Jadi di sinilah keunikannya, bisa untuk tebak-tebakan.

Aneka sirup ini diproduksi sendiri karena di luar sana sudah tidak ada yang jual. Oleh karena itu rasanya otentik. Tiada duanya.

Keberadaan es Semanggi Magelang ini melegenda dan telah ada sejak tahun 1960-an. Dulunya depot es ini berada di samping Klenteng Liong Hok Bio atau di sebelah selatan alun-alun Kota Magelang.

Leave a Comment