ikan-pindang-daun-kemangi

Ikan Pindang Daun Kemangi – Praktis Tapi Enak

Kami hanya ingin menaikkan martabat jenis sayuran ini. Dari yang mulanya hanya dijadikan sebagai lalapan bersama kubis dan irisan timun, namun kini diolah menjadi pemain utama dalam soal pencetak rasa.

Menu masakan yang kami buat adalah ikan pindang daun kemangi.

“Kenapa dikasih daun kemangi?”, Tak lain adalah supaya ikan pindangnya terasa segar dan wangi.

Sejujurnya istri saya tak begitu suka daun kemangi. Itu bila daun tersebut hanya disantap sebagai lalapan saja. Terasa pengar (getir) katanya. Namun kalau sudah disajikan bersama ikan pindang, tentu sudah lain cerita.

Sebenarnya tidak melulu harus ikan pindang kok. Kita juga bisa menggantinya dengan daging ayam. Dan kebetulan istri saya juga pernah memasaknya. Rasanya sama-sama enak.

Untuk bumbunya, kita bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, cabe merah, jahe, garam, gula jawa, dan jeruk (opsional). Tanpa MSG.

Supaya daun kemanginya terasa segar dan tidak layu maka sebaiknya dimasukkan ke dalam masakan pada saat akhir saja. Dan sebelumnya daun kemanginya bia direbus terlebih dahulu.

Soal kuah itu selera, tapi kalau kami lebih suka dimasak kering, atau kuahnya sedikit saja. Supaya tidak amis dan tidak cepat basi.

Ikan pindang daun kemangi ini sangat cocok bila disantap dengan nasi yang masih hangat. Ditambah irisan timun apalagi.

Tinggalkan komentar