lari-dan-bersepeda

Lari dan Bersepeda

Hobi saya berganti setelah adanya pandemi covid-19. Hal ini karena hobi lama saya sudah tidak relevan lagi dengan keadaan.

Hobi yang tadinya terasa asik untuk digandrungi, tiba-tiba saja menjadi terasa sangat beresiko atau bahkan menjadi tidak relevan lagi.

Memang ada hobi yang seperti itu? Ada. Banyak. Tapi saya tidak akan membahasnya lebih lanjut.

Pola hidup saya pun juga ikut berubah. Dari yang tadi biasa-biasa saja dalam berolahraga namun sekarang saya ingin menjadikan olahraga sebagai lifestyle saya. Sebagai identitas saya.

Saya punya prinsip bahwa langkah preventif (mencegah) penyakit itu lebih baik daripada langkah kuratif (mengobati).

Anda bisa membaca artikel ini juga: Sepeda dan Corona.

Salah satu langkah preventif tersebut adalah dengan berolahraga. Selain berolahraga tentu masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Diantaranya dengan menjaga pola makan, menjaga pikiran agar tetap positif, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari sekian banyak jenis olahraga, saya akhirnya memutuskan untuk fokus saja ke olahraga jenis kardio. Yaitu lari dan bersepeda.

Apa alasannya?

Pertama, olahraga lari dan bersepeda adalah olahraga yang bisa disederhanakan dan bisa dimurahkan.

Saya mengatakan seperti itu karena pada kenyataannya lari dan bersepeda bisa dibawa ke tahap yang lebih kompleks dan mahal. Tapi setidaknya kita tetap dapat melakukan olahraga tersebut dengan effort dan budget yang minim sekalipun.

Kedua, olahraga lari dan bersepeda dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Apalagi bila kita melakukannya setiap pagi hari. Saat udara masih bersih dan sinar mataharinya masih sehat. Sinar matahari pagi ini sangat bermanfaat untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh kita.

Ketiga, olahraga lari dan bersepeda dapat menghasilkan hormon endorfin lewat kalori yang dibakar.

Ini nih yang sangat penting. Hormon Endorfin ini dapat menciptakan perasaan gembira, rilex, berpikir positif, meningkatkan kesabaran, dan menghilangkan emosi negatif.

Pada intinya Hormon Endorfin ini sangat bagus untuk kesehatan mental kita. Kalau mental kita bagus maka otomatis sistem imunitas kita juga akan meningkat.

Itulah ketiga alasan yang membuat saya ketagihan olahraga lari dan bersepeda yang hasilnya pun dapat saya rasakan secara instan. Selain membuat fisik sehat, olahraga lari dan bersepeda juga dapat membuat mental kita sehat.

Tinggalkan komentar