Pilih Sepatu Trail Running Atau Sepatu Hiking?

Sebagai penggemar kegiatan mendaki Gunung mungkin kita pernah berada di persimpangan pilihan antara menggunakan sepatu trail running atau sepatu hiking. Lalu dari keduanya manakah yang lebih baik?

Sepengalaman saya dalam menggunakan kedua jenis sepatu tersebut untuk mendaki Gunung maka saya dapat menyimpulkan bahwa keduanya sama-sama bagus. Sama-sama enak. Itu pun kalau kita mampu menggunakan kedua jenis sepatu tersebut pada situasi yang tepat.

“Right shoes at the right time.”

Maksudnya gimana?

Sepatu Trail Running

Gini, sesuai namanya maka sepatu trail running adalah sepatu yang dikhususkan untuk aktivitas lari di jalan gravel. Jadi kalau pengen lari saat naik atau turun Gunung maka sepatu ini akan cocok. Kalau untuk jalan kaki saja gimana? Tentu lebih cocok lagi.

Sepatu trail running itu jauh lebih ringan dan lentur daripada sepatu hiking. Oleh karena itu enak untuk diajak lari. Ditambah lagi dengan kemampuan gripnya yang hampir sama dengan sepatu hiking membuatnya bisa diajak ke medan offroad.

Namun karena saking ringan dan lenturnya maka sepatu trail running ini tidak bisa dijadikan pijakan beban berat. Kaki kita akan beresiko terkena cidera.

Ditambah lagi medan yang ekstrim justru akan semakin menambah effort sepatu trail running ketika harus membawa beban berat.

Nah issue semacam ini bisa diminimalisir dengan menggunakan sepatu hiking.

Sepatu Hiking

Sesuai namanya maka sepatu hiking memang diperuntukkan untuk naik Gunung dengan cara hiking juga. Dimana kita akan berjalan membawa tas carrier yang berat, tenda, peralatan masak, dan lain sebagainya. Karena kita tidak akan menyelesaikan perjalanan dalam waktu yang singkat layaknya para pelari trail running.

Oleh karena itu sepatu yang lebih stabil dan solid tentu lebih dibutuhkan untuk menopang beban berat.

Lagian kita tidak akan lari ketika hiking bukan? Karena tentu akan sangat melelahkan.

Menggunakan sepatu trail running untuk hiking tentu akan mengorbankan kenyamanan dan keselamatan.

Menggunakan sepatu hiking untuk trail running tentu juga akan sangat menguras tenaga.

Jadi gunakanlah jenis sepatu sesuai kebutuhan aktivitas kita.

Tapi nampaknya sekarang telah ada inovasi baru dalam dunia hiking.

Sekarang banyak kita jumpai para pegiat hiking yang telah beralih ke sepatu jenis trail running.

Perubahan jenis sepatu yang digunakan ini tentu membutuhkan penyesuaian juga. Misalnya dengan mengganti peralatan dari jenis konvensional ke jenis ultralight. Serta membawa perbekalan makanan yang ringan-ringan dan instan saja. Alias tidak perlu masak besar.

Mereka mengkawinkan konsep trail running dengan konsep hiking sehingga mereka dapat bergerak dengan lebih lincah dan ringan namun tetap bisa menggelar tenda dan bermalam di alam bebas.

Dan mereka ini biasa disebut sebagai “Pendaki Ultralight”.

Tinggalkan komentar